Minggu, 17 April 2011

Tips Sukses Menghadapi UN

http://2.bp.blogspot.com/-qXkSR1y4EY8/TYRS9-BQ3yI/AAAAAAAAAE4/E7pqzXtrRy0/s1600/belajar.gif Belajar, Belajar, dan Belajar. Seakan kata-kata itu tidak akan pernah hilang dengan siswa yang sedang menghadapi Ujian Nasional (UN). semua orang menganggap UN itu Monster dalam sekolah, tapi sebenarnya ga kaya begitu banget. 3 bulan bahkan 1 tahun sebelum UN pasti sekolah sudah mulai menggalakan pelajaran tambahan untuk para siswa, kalau di pikir-pikir strees juga menghadapi itu semua, justru karena stress itu lah yang membuat kita begitu takut akan UN sebenarnya bukan hanya belajar yang di butuhkan untuk melawan Ujian Nasional. tetapi masih banyak yang harus kita persiapkan, agar Ujian Nasional (UN) berasa Rileks dan tidak takut menghadapinya.

Berikut Tips Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional

1. Siapin mental kamu.
Secerdas apapun kamu, jika memiliki sikap mental yang negatif, sulit deh, buat kamu ngeraih yang namanya sukses. Misalnya, sebut saja Fathan. Dia sebenarnya pintar, tapi gampang panik. Pernah ia ngadepin lembar-lembar tes, sebenarnya asal nyabar dikit saja, ia bisa menyelesaikan soal-soal. But, melihat temannya satu persatu keluar kelas, pikirannya jadi kacau-balau.
Diantara sikap mental negatif yang lain adalah: minder, gampang panik, nggak sabaran dan menyerah sebelum bertanding alias putus asa. “Yah, ngapain capek-capek belajar, emang gue bodoh bin idiot. Nggak lulus, bukan berarti kiamat kan?” Kalau kamu udah kepikiran seperti itu, tanpa ujianpun, 99,9% kamu udah dijamin nggak lulus.
Nah, bangunlah sikap percaya dirimu, yakin kamu pasti akan lulus. Jika kamu berusaha keras menyiapkan diri sebaik-baiknya, belajar dengan serius, bukan hanya sekedar lulus, bahkan peringkat bintang pun bisa kamu gaet.

2. Rajin memotivasi diri.
Motivasi yang paling baik sebenarnya justru yang berasal dari kamu sendiri. Bermimpilah setinggi mungkin. Berawal dari mimpi itulah kamu akan terdorong untuk mewujudkannya. Tulislah mimpimu besar-besar kalau perlu tempel agar setiap kamu melihatnya, hatimu kan bergetar.
Motivasi juga akan sangat dipengaruhi oleh visi dan misi. Visi adalah apa yang kamu inginkan terjadi pada dirimu dimasa yang akan datang. Sedangkan misi adalah apa-apa yang harus kamu lakukan buat mewujudkan mimpi-mimpi besarmu itu.

3. Menetapkan target.
Dengan target kamu akan bekerja denga penuh semangat. Target juga alat yang efektif untuk mengusir rasa malas, bosan, bete, jenuh dan seabrek pemikirian negatif lainnya.
Akan tetapi, target haruslah realistis. Misalnya, kamu nggak terlalu doyan sama matematika, nggak usah matok target dapat nilai 100. Karena hanya berbuah kecewa rasa masam plus berkerut. Kamu bisa mengukur target berdasarkan kemampuan yang kamu miliki.

4. Kurangi kebiasaan nggak produktif.
Pengen sukses kan ujian? Tiada kesuksesan tanpa perjuangan dan tiada perjuangan tanpa pengorbanan. Salah satunya rela ngorbanin kebiasaan-kebiasaan yang ngga produktif yang semuanya membuang-buang waktu dan stamina.
So, jika kamu senang banget nonton TV, nongkrong di playstation, dll, sebaiknya pas menjelang ujian, hindari dulu deh

5. Sediakan waktu yang cukup untuk belajar
Semakin kamu serius belajar, rasa bahwa kamu belum tahu apa-apa ternyata semakian besar. Banyak hal yang menarik jika kamu benar-benar memahami sebuah permasalahan. Belajar jadi terasa mengasyikkan. Malah jadi satu hobi yang menyenangkan.
Jangan ngandalin SKS (Sistem Kebut Semalam), karena hanya mendatangkan kegugupan dibanding secara rutin belajar. Belajar secara rutin akan membuat hafalan atau pengetahuan melekat pada dirimu dan lebih adem menetap di otak.

6. Rajin membaca
Aktivitas belajar yang paling utama adalah membaca. Temukan cara melahap buku yang nyaman. Misalnya inner journey, mengaitkan apa yang sedang kamu baca dengan hal-hal yang terjadi. Misalnya saja kamu sedang membaca teori tentang gempa bumi. Kamu bisa menghubungkannya dengan kejadian gempa yang baru ini terjadi. Membaca kayak gitu, bikin enjoy, nggak bosan, eh… sudah selesai.

7. Bikin catatan yang menarik.
Maksudnya buat ringkasan materi yang cantik. Biar kamu nggak sibuk lagi berkutat dengan buku yang tebal-tebal itu, catatan ringkas akan mempermudah kamu untuk menemukan inti atau pokok-pokok materi setiap pelajaran.

8. Temukan gaya belajar kamu
Beda orang, beda karakter, beda kebiasaan dan tentunya nggak semua sama cara belajarnya.
O’ya soal belajar ini sebenarnya ada 4 tipe. Pertama, visual learner, kalo kamu tipe pembelajar yang seperti ini, tepat banget jika kamu tempel-tempel poster, atau ilustrasi-ilustrasi yang mendukung kamu belajar. Kedua, disebut auditory learner. Kalo kamu punya perekam, selain mencatat pelajaran, kamu bisa merekam guru kamu pas mengajar. Ketiga, gaya belajar yang disertai dengan gerakan, perabaan, atau sensasi fisik lainnya. Ini disebut kinesthetic learner. Keempat, orang yang suka pake analogi-analogi dalam mempelajari sesuatu dosebut logical learner.

9. Saatnya ujian…!!!
Ada baiknya saat ini hindari belajar teralalu tegang. Rilekslah.
Kamu kan udah belajar. Usahakan hadir lebih awal untuk menghindari segala kemungkinan. Setiba disana jangan mendekat dengan teman-teman. Tunggulah dengan tenang sambil berpikir positif. Berpikir positif dengan menyingkirkan segala pikiran tentang kelemahan-kelemahan apalagi hal-hal yang tidak kamu ketahui dengan jelas.

10. Berdoa
Allah Ta’ala yang menciptakan kita, semuanya adalah milik Allah Ta’ala, kesanggupan kita melangkah, pendengaran apalagi kecerdasan ada dalam pengawasan dan kendalinya. Maka bermohonlah kepada-NYa.
Allahumma inni as’aluka ‘ilman nafi’an warisqan tayyiban wa amalan mutaqabbalan
“Ya Allah tambahkanlah bagiku ilmu yang bermanfaat, rezki yang baik dan amal yang diterima”
”Keep spirit dan semoga sukses ujiannya”

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms