Sabtu, 11 Desember 2010

Bencana Alam Di Indonesia

(harryandiga)-Berbicara soal bencana alam, pasti kita langsung berpikir kepada kehancuran, kerusakan, kematian dan lainnya bukan ? iya, itu memang beberapa dari bencana alam.

Bencana alam menurut asalnya ada yg berasal dari hasil perbuatan manusia dan ada juga yang sudah begitu keadaannya.

Pertama, kita akan tentang bencana yang berasal dari perbuatan manusia. Bisa kita lihat contoh-contoh bencana alam yang diakibatkan tangan manusia, seperti banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, mencairnya es di kutub bumi, menipisnya lapizan ozon dan banyak lainnya.

http://ndyteen.com/wp-content/uploads/2010/11/banjir.jpgBanjir,
banjir pasti disebabkan oleh tangan manusia. Dimana dahulunya aliran air di sungai , got dan tempat lainnya lancar, sekarang dikotori dengan berbagai macam sampah , limbah pabrik/rumah tangga dan kotoran-kotoran lainya .
Dengan menumpuknya kotoran-kotoran tadi, maka aliran air akan menjadi tersumbat. Dengan tersumbatnya aliran air tadi , hal itu akan menyebabkan air tidak mau jalan, dan melimpah. sehingga terjadilah banjir. Sering terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta dan lainnya


http://onlineberita.com/foto_berita/40longsor%202.jpgTanah Longsor.
lagi lagi karena ulah manusia. Mengapa tidak, dahulu pohon-pohon masiih bisa tumbuh di lereng-lereng perbukitan, sekarang telah menjadi tanah gundul yang gersang yang membuat tanah tidak bisa lagi tertahan . Sehingga menyebabkan tanah longsor . Salah satu penanggulanngannya adalah reboisasi kembali atau membuat terasering di lereng bukit.

Kebakaran Hutan.
http://alamendah.files.wordpress.com/2009/09/kebakaran-hutan-1.jpglagi lagi karena ulah manusia. Pohon pohon muda yang di tebang secara illegal loging, membuat hutan-hutan Indonesia menjadi gundul. Dengan sedikitnya pohon-pohon yang tumbuh, membuat hutan mudah terbakar karena kegersangan pada hutan tersebut.

Kedua, kita akan tentang bencana yang sudah begitu keadaannya. Seperti gunung meletus, gempa bumi , tsunami dan lainnya.

http://jinanar.blogdetik.com/files/2009/10/gunung-meletus-32.jpgGunung meletus.
Gunung meletus merupakan bencana alam yang menyebabkan kawasan sekitar gunung tersebut menjadi rusak dan hancur. Itu bukan karena ulah manusia, tetapi memang keadaannya seperti itu. Dengan meletusnya gunung, tanah-tanah sekitar gunung akan menjadi subur karena abu vulkanik yang verserakan disana.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhNN7GhRxmGPBDfGUFWL0X_8fcdmDzjqqcT-KApru9OUggWJEgwnk4FCuWYzCnSJPXdfR0y-96zP8-hJU1NYMIWYh6R6Du9-Q4ihXEqWYigGMJgb_1XNO7hWGGbnxK5zE5x3I9qBrterZ0/s1600/gempa-bumi.jpgGempa Bumi
Gunung meletus merupakan bencana alam yang menyebabkan kawasan sekitar episentrum gempa menjadi hancur. Itu juga bukan ulah manusia, tetapi memang kondisi nya seperti itu.Gempa bumi hanyalah pergerakan lempeng bumi .

http://www.matanews.com/wp-content/uploads/tsunami1.jpg
Tsunami.
Bencana yang paling ditakutkan oleh masyrakat Indonesia sekarang . Bagaimana tidak, dengan sekali mntahan air, menyebabkan satu kota menjadi hancur lebur tanpa kehidupan lagi.
Tsunami berasal dari patahan lempeng tektonik, yang menyebabkan air berputar arah, sehingga menjadikan suatu gelombang raksasa .


Sumber gambar : http://www.google.co.id/imghp?hl=id&tab=wi
repost : http://asalkamutahuaja.blogspot.com/2010/12/bencana-alam-di-indonesia.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms