Kamis, 17 Maret 2011

Mengatasi Stress Ketika Bekerja

Banyak factor menyebabkan orang stress ketika bekerja dan ketika akan memulai pekerjaannya, bisa karena faktor perjalanan yang jauh dan macet, berdesak-desakkan di angkutan umum baik moda kereta api maupun bus, ataupun karena beban kerja yang diharus dihadapi dalam mencapai target yang ditentukan, apakah itu target perusahaan ataupun target pribadi.



Banyak yang stres sehingga hal ini mempengaruhi nilai dan hasil kerja. Banyak waktu terbuang percuma karena kegelisahan dan pikiran yang mumet dan buntu. Tentu ini akan merugikan tidak hanya pada perusahaan tapi juga pada diri sendiri.
Jika hal ini berlangsung terus menerus maka banyak akibat akan terjadi, misalnya karier yang akan mandek, sering marah tanpa alasan jelas, sulit untuk konsentrasi dalam pekerjaan dan bahkan bisa-bisa merembet ke kehidupan rumah tangga, ke keluarga di rumah.
Apakah ini mau terjadi??

Beberapa tips berikut ini dapat dilakukan sebagai usaha untuk menghilangkan rasa stres yang mulai menghinggap ketika bekerja:
1. 1. Mulailah dengan membiasakan diri tidak menunda-nunda tugas yang diberikan, tanpa melupakan prioritas pekerjaan. Jika sering menunda-nunda pekerjaan maka makin lama pekerjaan akan semakin menumpuk…ya tinggal waktu saja pikiran stres akan datang jika banyak pekerjaan tidak terselasaikan.

2. 2. Cobalah mulai bersikap positif, baik dalam pikiran maupun cara melihat sesuatu. Ya..istilah lamanya Positif thinking. Pandanglah sesuatu masalah yang timbul dari sisi positifnya. Lihatlah teman sejawat dari sisi baiknya dan jangan mencari-cari sifat jeleknya. Apapun hasil yang didapat dari pekerjaan patut disyukuri terutama dalam hal gaji.

3. 3. Sedikti olah raga/rilek ditempat kerja. Misalnya dengan meregang-regangkan punggung dan tangan serta kepala. Bisa juga dengan olah nafas. Menghirup nafas dalam-dalam kemudian hembuskan perlahan-perlahan. Lakukan setiap hari beberapa menit saja sudah mencukupi.

4. 4. Susun jadwal kerja dengan teratur. Malai dari rencana hari ini, besok dan beberapa hari ke depan.


5. 5. Buatlah suasana nyaman dalam lokasi tempat kerja. Tata meja kerja agar tidak ruwet dan berantakan. Meja kerja yang berantakan dan tidak tersusun rapi dapat memicu rasa pusing dan mual, sebagai respon dari pandangan mata.

6. 6. Ciptakan hubungan kerja sesama rekan kerja di kantor menjadi lebih baik.


7. 7. Konsumsi lebih banyak sayur-sayuran dalam menu makanan serta buah-buahan. Ini akan melancarkan pencernaan dan akan membuat perut menjadi lebih sehat,. Kerana perut yang tidak sehat juga menjadi pemicu timbulnya rasa pusing dan keringat dingin.

8. Dan terakhir adalah banyak-banyak mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Apakah itu dalam bentuk ibadah, do’a ataupun selalu banyak bersyukur atas nikmatNya.

sumber : http://karierplusminus.blogspot.com/2011/03/mengatasi-stress-ketika-bekerja.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms